TUGAS MANAJEMEN MUTU
Tugas Mandiri - 2
NAMA : MELFA
NIM : 2244.08.103
1. PENGERTIAN ISO 14001Sumber 1 : http://www.iso14000-iso14001-environmental-management.com/iso14000.htm
ISO 14000 adalah serangkaian standar internasional tentang manajemen lingkungan. Ini menyediakan kerangka kerja untuk pengembangan sistem manajemen lingkungan dan program audit yang mendukung.
Sumber 2 : http://www.ibrosys.com/manajemen-lingkungan/59-iso-14001-pengetahuan-dasar.html
ISO-9001 adalah standar internasional tentang sistem manajemen manajemen lingkungan. Sama halnya dengan ISO-9001, ISO-14001 dikeluarkan oleh International Organization for Standardization. ISO-14001 Pertama dikeluarkan pada tahun 1999. Versi yang terbaru adalah ISO-14001:2004.
ISO-14001 bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan organisasi yang menerapkannya, mencegah pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh aktifitas organisasi dan mencapai kesesuaian dengan persyaratan-persyaratan lingkungan yang berlaku.
Sistem ISO 14000 adalah sebuah standard internasional mengenai pengelolaan lingkungan yang telah diakui didunia internasional sebagai Environmental Management System (EMS) dan telah diterapkan di banyak negara. Persyaratan spesifik dari EMS adalah untuk menetapkan Kebijakan Lingkungan, menentukan aspek-aspek lingkungan dan dampak lingkungan, perencanaan tujuan pengelolaan lingkungan dan sasran, penerapan dan melaksanakan program untuk memenuhi persyaratan sistem, pemeriksaan, tindakan perbaikan dan management review. Pemenuhan dari peraturan mengenai lingkungan termasuk salah satu unsur didalam standard ini
2. PENGERTIAN STANDARSumber 1 : http://id.wikipedia.org/wiki/Standar
Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. Suatu standar dapat pula berupa suatu artefak atau perangkat formal lain yang digunakan untuk kalibrasi. Suatu standar primer biasanya berada dalam yurisdiksi suatu badan standarisasi nasional. Standar sekunder, tersier, cek, serta bahan standar biasanya digunakan sebagai rujukan dalam sistem metrologi. Suatu kebiasaan konvensi, produk perusahaan, atau standar perusahaan yang telah diterima umum dan bersifat dominan sering disebut sebagai "standar de facto".
Sumber 2 : http://www.dephut.go.id/Halaman/STANDARDISASI_&_LINGKUNGAN_KEHUTANAN/INFO_VI02/V_VI02.htm
Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan. Salah satu contohnya adalah penetapan standar ukuran dan format kartu kredit, atau kartu-kartu “pintar” (smart) lainnya yang telah mengikuti standar internasional ISO dan dapat digunakan di berbagai mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di seluruh dunia, dan banyak contoh-contoh lainnya. Dengan demikian standar internasional telah membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah, serta lebih meningkatkan keandalan dan kegunaan barang dan jasa.
Sumber 3 : http://auditorinternal.com/2010/01/20/standar-internasional-untuk-praktik-profesional-auditor-internal/
Standar adalah prinsip-prinsip yang menyediakan kerangka kerja bagi pelaksanaan audit internal. Standar adalah persyaratan wajib (mandatory), yang terdiri dari Pernyataan (Statement) dan Interpretasi. Pernyataan adalah persyaratan dasar atau minimal bagi praktik profesional audit internal sekaligus untuk mengevaluasi efektivitas kinerjanya.
3. PENGERTIAN KEPUASAN PELANGGANSumber 1 : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/kepuasan-konsumen-pengertian-jenis-dan.html
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.
Sumber 2 : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Customer_satisfaction
Kepuasan pelanggan, suatu istilah bisnis adalah ukuran bagaimana produk dan layanan yang disediakan oleh perusahaan memenuhi atau melampaui harapan pelanggan. Kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai "jumlah pelanggan, atau persentase dari total pelanggan, yang melaporkan pengalaman dengan perusahaan, produk, atau layanan (ratings) melebihi yang ditentukan tujuan kepuasan
Sumber 3 : http://punyalea.blogspot.com/2007/10/kepuasan-pelanggan-sepenuhnya-total.html
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.
No comments:
Post a Comment