• Management Mutu
ü Manajemen mutu merupakan sebuah filsafat dan budaya organisasi yang menekankan kepada upaya menciptakan mutu yang konstan melalui setiap aspek dalam kegiatan organisasi. Manajemen mutu membutuhkan pemahaman mengenai sifat mutu dan sifat sistem mutu serta komitmen manajemen untuk bekerja dalm berbagai cara. Manajemen mutu sangat memerlukan figure pemimpin yang mampu memotivasi agar seluruh anggota dalam organisai dapat memberikan konstribusi semaksimal mungkin kepada organisasi. Hal tersebut dapat dibangkitkan melalui pemahaman dan penjiwaan secara sadar bahwa mutu suatu produk atau jasa tidak hanya menjadi tanggung jawab pimpinan, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh anggota dalam organisasi. Source : http://sekolah.8k.com/blank.html
ü Manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. Dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis, seorang manager proyek harus memasukkan dan mengadakan pelatihan management kualitas. Hal hal yang menyangkut kualitas yang di maksud diatas adalah :
· Produk / pelayanan / proses pelaksanaan.
· Proses management proyek itu sendiri. Source Wijaya Blogs http://huangcorp.wordpress.com/
ü Manajemen mutu adalah suatu cara lain dalam mengatur kerja orang banyak dengan menyelaraskan kerja mereka sedemikian rupa sehingga orang-orang itu menghadapitugasnya denganpenuh semangat dan berpartisipasi dalam perbaikan pelaksanaan pekerjaan. Source : http://www.docstoc.com/docs/18516831/PENGERTIAN-TENTANG-MANAJEMEN-MUTU-TERPADU-(MMT)
• Servqual
ü Servqual adalah suatu kuesioner yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa. Cara ini mulai dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Zeithaml, Parasuraman & Berry, dan telah digunakan dalam mengukur berbagai kualitas jasa. Dengan kuesioner ini, kita bisa mengetahui seberapa besar celah (gap) yang ada di antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap suatu perusahaan jasa. Kuesioner SERVQUAL dapat diubah-ubah (disesuaikan) agar cocok dengan industri jasa yang berbeda-beda pula (misalnya bank, restoran, atau perusahaan telekomunikasi). Skala SERVQUAL meliputi lima dimensi kualitas jasa yaitu: 1. Tangibles 2. Reliability 3. Responsiveness 4. Assurance 5. Empathy Setiap dimensi memiliki beberapa pertanyaan dan dijawab dalam rentang nilai 1 sampai 7, di mana angka 1 mewakili perasaan sangat tidak setuju (strongly disagree) dan angka 7 mewakili perasaan sangat setuju (strongly agree), dengan total pertanyaan sebanyak 22. Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Servqual
ü Servqual merupakan “a customer’s judgment of the overall excellence or superiority of a service”. Dengan demikian service quality dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima/peroleh. Harapan para pelanggan pada dasarnya sama dengan layanan seperti apakah seharusnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Harapan para pelanggan ini didasarkan pada informasi dari mulut ke mulut, kebutuhan pribadi, pengalaman di masa lampau, dan komunikasi eksternal (iklan dan berbagai bentuk promosi perusahaan lainnya). Source : http://mujigunarto.wordpress.com/2009/01/02/pengertian-servqual-by-muji-gunarto/
ü Servqual adalah suatu skala item-berganda yang ringkas dengan reliability dan validity yang baik dimana banyak perusahaan bisa menggunakannya agar dapat memahami lebih baik tentang ekspektasi dan persepsi pelayanan kepada konsumen. Source : http://www.scribd.com/doc/35038691/Servqual-Dan-Aplikasi
• ISO 9001
ü ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga / organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk / jasa yang dihasilkannya. Source : http://id.wikipedia.org
ü ISO 9001 dipahami sebagai sistem manajemen mutu yang menjadikan customer sebagai orientasi keberhasilan organisasi (Prinsip Customer Focus) dengan mendayagunakan seluruh komponen organisasi sebagai suatu kesatuan utuh. ISO 9001 (Quality Management System) ini bersifat top-down, artinya diperlukan arahan dari top management untuk men-drive seluruh komponen yang terlibat dalam implementasi. ISO 9001 sebagai QMS meliputi aspek yang menyeluruh dan sangat fleksibel, artinya bisa diterapkan di semua jenis organisasi, baik manufaktur, distribusi, retail, jasa, dan sebagainya. Source : http://www.wikimu.com
ü ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu atau Kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk melainkan standar sistem manajemen kualitas, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Quality Management Systems (ISO 9001:2008) adalah Merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. Manfaat Penerapan ISO 9001:2008 adalah : Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan, Jaminan Kualitas Produk dan Proses, meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan, sebagai alat analisa kompetitor perusahaan, Menigkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok , Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk , Meningkatkan komunikasi internal, Meningkatkan image positif perusahaan, Sistem terdokumentasi dan Media untuk Pelatihan dan Pendidikan. Sumber : http://forum.detik.com/arti-manfaat-iso-9001-system-manajemen-mutu-t72507.html?p=5437213
• Kesimpulan Charles Yohannes :
- Management Mutu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang system kualitas dalam rangka mencapai standart kualitas yang baik. Servqual itu sendiri merupakan sebuah pelayanan yang selayaknya diberikan didalam pelayanan dalam rangka mencapai kepuasan bagi pelanggan. Sedangkan ISO 9001 itu sendiri merupakan sebuah standart international yang digunakan sebagai dasar standart dalam management mutu.
wihhh,, hebaatt menarik dan bagus sekali ini. :D
ReplyDelete