Ø SERVQUAL
SERVQUAL adalah suatu kuesioner yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa.
SERVQUAL dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima/peroleh.
(Muji Gunarto)
http://mujigunarto.wordpress.com/2009/01/02/pengertian-servqual-by-muji-gunarto/
SERVQUAL atau penilai adalah kerangka kualitas layanan . SERVQUAL was developed in the mid eighties by Zeithaml, Parasuraman & Berry. SERVQUAL dikembangkan pada pertengahan tahun delapan puluhan oleh Zeithaml, Parasuraman & Berry.
http://en.wikipedia.org/wiki/SERVQUAL
Kesimpulan ;
Servqual ini melihat kesenjangan antara ekspektasi (harapan/kepentingan) dengan persepsi (kenyataan performasi/kinerja) dari pelanggan terhadap suatu bentuk pelayanan (services).
SERVQUAL atau penilai adalah kerangka kualitas layanan . SERVQUAL was developed in the mid eighties by Zeithaml, Parasuraman & Berry. SERVQUAL dikembangkan pada pertengahan tahun delapan puluhan oleh Zeithaml, Parasuraman & Berry.
http://en.wikipedia.org/wiki/SERVQUAL
Kesimpulan ;
Servqual ini melihat kesenjangan antara ekspektasi (harapan/kepentingan) dengan persepsi (kenyataan performasi/kinerja) dari pelanggan terhadap suatu bentuk pelayanan (services).
ØISO 9001
ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas.
ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).
ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
ISO (International Organization for Standardization) 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu. SMM ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menjamin bahwa suatu lembaga akan memberikan pelayanan jasa sesuai kinerja lembaga tersebut.
Kesimpulan: ISO 9001 adalah suatu organisasi internasional yang dikhususkan untuk melakukan standarisasi dalam hal manajemen mutu
Ø MANAJEMEN MUTU
Manajemen mutu merupakan sebuah filsafat dan budaya organisasi yang menekankan kepada upaya menciptakan mutu yang konstan melalui setiap aspek dalam kegiatan organisasi. Manajemen mutu membutuhkan pemahaman mengenai sifat mutu dan sifat sistem mutu serta komitmen manajemen untuk bekerja dalm berbagai cara. http://sekolah.8k.com/blank.html
Manajemen Mutu dan Jaminan Mutu, Kosa Kata, Mutu didefinisikan sebagai : "keseluruhan gambaran dan karakteristik suatu produk atau jasa yang berkaitan dengan kemampuan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan-kebutuhan yang dinyatakan secara langsung atau tersurat maupun secara tidak langsung atau yang tersirat". (SNI 19-8402-1996 http://manajemenmutuyes.blogspot.com/
Manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi.
Kesimpulan: Semua akitifitas dari keseluruhan fungsi manajemen yang menetapkan kebijakan mutu, tujuan, dan tanggung jawab perusahaan, serta melaksanakannya dengan cara dengan cara seperti perencanaan mutu, pengendalian mutu, pemastian mutu di dalam sistem mutu.
No comments:
Post a Comment