Tuesday, March 29, 2011

Tugas Individu Management Mutu II / Charles Yohannes / 224408036


• ISO 14001
ü  ISO 14001 adalah standar internasional yang dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) melalui komite teknik khusus yang mewakili sekitar 150 negara di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk memungkinkan organisasi dari setiap jenis atau ukuran untuk mengembangkan dan menerapkan suatu kebijakan untuk melakukan pencegahan polusi, sesuai dengan persyaratan hukum dan lainnya, dan perbaikan berkelanjutan.
Realisasi komitmen ini akan menjadi sistem manajemen yang mengakui dan mengelola isu lingkungan primer melalui kesadaran dan penilaian terhadap persyaratan hukum yang berlaku, tujuan untuk perbaikan, tugas tanggung jawab, kompeten personel, komunikasi, prosedur, kontrol dan pemantauan, kemampuan tanggap darurat, koreksi dan penilaian diri, dan ulasan internal. Proses ini harus didasarkan pada siklus Plan-Do-Check-Ac. Source : http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&sl=en&u=http://www.saiglobal.com/
ü  ISO 14001 manajemen lingkungan standar ada untuk membantu organisasi meminimalkan bagaimana operasi mereka (proses dll) berpengaruh negatif terhadap lingkungan (yaitu menyebabkan perubahan negatif terhadap udara, air, atau tanah), mematuhi undang-undang, peraturan, dan persyaratan lingkungan berorientasi lainnya, dan  terus meningkatkan di atas. ISO 14000 adalah sama dengan ISO 9000 manajemen mutu di yang kedua berkaitan dengan proses bagaimana produk dihasilkan, daripada produk itu sendiri. Seperti dengan ISO 9000, sertifikasi dilakukan oleh organisasi pihak ketiga bukannya diberikan oleh ISO langsung. ISO 19011 standar audit yang berlaku saat audit untuk kedua 9000 dan 14000 kepatuhan sekaligus
ü  ISO 14001 adalah Standart Internasional tentang Manajemen Lingkungan dan keamanan operasional yang dikembangkan oleh International Organization For Standardization (ISO).  Source : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/883/1/hutan-siti.pdf
• Kepuasan Pelanggan
ü  Kepuasan pelanggan adalah ukuran bagaimana produk dan layanan yang disediakan oleh perusahaan memenuhi atau melampaui harapan pelanggan. Kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai "jumlah pelanggan, atau persentase dari total pelanggan, yang melaporkan pengalaman dengan perusahaan, produk, atau layanan (ratings) melebihi yang ditentukan tujuan kepuasan. Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Customer_satisfaction
ü  Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila ia dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya. Source :  http://triatmojo.wordpress.com/2006/09/24/mengukur-kepuasan-pelanggan/
ü  kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan atau penilaian emosional dari pelanggan atas penggunaan suatu produk barang atau jasa dimana harapan dan kebutuhan mereka terpenuhi. Source : http://rentalsys.blogspot.com/2008/07/pengertian-kepuasan-konsumen.html

• Standart
ü  Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Standar
ü  Standar adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang dipakai sebagai pedoman/pembakuan dalam memperbandingkan dalam jangka waktu tertentu. Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan. Salah satu contohnya adalah penetapan standar ukuran dan format kartu kredit, atau kartu-kartu “pintar” (smart) lainnya yang telah mengikuti standar internasional ISO dan dapat digunakan di berbagai mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di seluruh dunia, dan banyak contoh-contoh lainnya. Dengan demikian standar internasional telah membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah, serta lebih meningkatkan keandalan dan kegunaan barang dan jasa. Source : http://www.dephut.go.id/Halaman/STANDARDISASI_&_LINGKUNGAN_KEHUTANAN/INFO_VI02/V_VI
ü  Standar adalah spesifikasi yang dibuat dalam bahasa yang umum, dan mengandung spesifikasi teknis atau kriteria yang akurat serta di rancang untuk digunakan secara konsisten, sebagai peraturan, sebagai acuan, atau sebagai definisi. Source :  http://cakrawijaya.blogspot.com/2009/06/standard.html
• Kesimpulan Charles Yohannes :
- ISO 14001 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Lingkungan (SML)  untuk membantu organisasi meminimalkan bagaimana operasi mereka (proses dll) berpengaruh negatif terhadap lingkungan. Kepuasan Pelanggan itu sendiri adalah sebuah penilaian dalam pemenuhan harapan konsumen akan sesuatu. Sedangkan standart itu sendiri menurut saya adalah kriteria yang akurat yang dirancang dan digunakan secara konsisten, sebagai acuan.











No comments:

Post a Comment