Definisi Mengenai Beberapa Istilah dalam Manajemen Mutu (dari tiga sumber berbeda) :
I. MANAJEMEN MUTU
? Definisi Pertama :
? Definisi Pertama :
Sistem manajemen mutu adalah kesatuan dari berbagai komponen (komponen dalam hal ini adalah prosedur, manual, struktur organisasi, kebijakan dan sebagainya) untuk melakukan pengaturan aktifitas-aktifitas yang mempengaruhi mutu produk atau pelayanan yang dihasilkan organisasi.
Sumber :
http://www.deptan.go.id/bule tin/info mutu/des
? Definisi Kedua :
Pengertian Manajemen Mutu (Quality Management) menurut Miranda dan A.W. Tunggal (2003;157) adalah “keseluruhan metode untuk mengatur mutu dalam suatu organisasi meliputi produk, jasa, kinerja jasa dan sumber daya manusia.”menurut Miranda dan A.W. Tunggal (203;157) manajemen mutu menggabungkan trilogi mutu untuk menyukseskan semua program perbaikan yang meliputi perencanaan mutu, pengendalian mutu dan perbaikan mutu yang dilaksanakan melalui kerja tim.
Sumber :
http://dspace.widyatama.ac.id/bistream/handle/10364/593/bab2.pdf?sequen4
? Definisi Ketiga :
Manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. Dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis, seorang manager proyek harus memasukkan dan mengadakan pelatihan management kualitas. Hal-hal yang menyangkut kualitas yang di maksud di atas adalah :
• Produk / pelayanan / proses pelaksanaan.
• Proses management proyek itu sendiri.
Sumber :
http://huangcorp.wordpress.com/2008/04/29/manajemen-kualitas-quality-management/
? Sintesa :
Maka Manajemen Mutu didefinisikan sebagai keseluruhan aspek dari fungsi manajemen yang menetapkan, menjalankan dan mengendalikan kebijakan mutu suatu organisasi dalam menghasilkan mutu bukan hanya pada produk, tetapi juga meliputi jasa, kinerja jasa dan sumber daya manusia dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis. Manajemen mutu dikatakan sebagai penggabungan trilogi dalam program perbaikan yang meliputi perencanaan mutu, pengendalian mutu dan perbaikan mutu yang dilaksanakan melalui kerja tim (secara berkesinambungan).
II. SERVQUAL
? Definisi Pertama :
SERVQUAL adalah instrumen survei yang didasarkan pada penelitian yang luas dilakukan oleh Parasuraman, Ziethhaml dan Berry. Instrumen ini juga terbukti dan diakui secara luas. Instrumen dapat memungkinkan organisasi untuk: mengidentifikasi dan memahami di mana kesengajaan layanan ada di dalam layanan organisasi dan antara organisasi dan pelanggannya.
Sumber :
http://www.businessadvantageuk.biz/SERVQUAL.htm
? Definisi Kedua :
SERVQUAL adalah suatu kuesioner yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa. Cara ini mulai dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Zeithaml, Parasuraman & Berry, dan telah digunakan dalam mengukur berbagai kualitas jasa. Dengan kuesioner ini kita bisa mengetahui seberapa besar celah (gap) yang ada di antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap suatu perubahan jasa. Kuesioner SERVQUAL dapat diubah-ubah (disesuaikan) agar cocok dengan industri jasa yang berbeda-beda pula (misalnya bank, restoran, atau telekomunikasi).
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Servqual
? Definisi Ketiga :
Definisi umum tentang service quality atau yang seringkali disingkat SERVQUAL dinyatakan oleh Zeithaml (1990) yaitu “a customer’s judgment of the overall excellence or superiority of a service”. Dengan demikian service quality dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima/peroleh. Harapan para pelanggan pada dasarnya sama dengan layanan seperti apakah seharusnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Harapan para pelanggan ini didasarkan pada informasi dari mulut ke mulut, kebutuhan pribadi, pengalaman di masa lampau, dan komunikasi eksternal (iklan dan berbagai bentuk promosi perusahaan lainnya).
Sumber :
http://mujigunarto.wordpress.com/2009/01/02/pengertian-servqual-by-muji-gunarto/
? Sintesa :
Berdasarkan beberapa definisi di atas, servqual (service quality) adalah suatu instrumen/alat bersifat fleksibel sesuai dengan jenis industri tersebut yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa suatu perusahaan, mengidentifikasi serta memahami seberapa besar kesenjangan (gap) yang ada di antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap suatu perubahan jasa.
III. ISO 9001
? Definisi Pertama :
ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/ISO_9001
ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan.
Sumber :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/209/070/iso-international-organization-for.html
? Definisi Kedua :
ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan anda dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.
Sumber :
http://www.nqa.com/in/atozservices/article.asp?SECTION=274&ARTICLE=252
? Definisi Ketiga :
ISO 9001 is the internationally recognised standard for the quality management of businesses. It
• applies to the processes that create and control the products and services an organisation supplies
• prescribes systematic control of activities to ensure that the needs and expectations of customers are met
• is designed and intended to apply to virtually any product or service, made by any process anywhere in the world
ISO 9001 is one of the standards in the ISO 9000 family.
Translet :
ISO 9001 adalah standar Internasional yang diakui untuk kualitas manajemen bisnis. Ini
• berlaku untuk proses menciptakan dan mengendalikan produk dan jasa sebuah perlengkapan organisasi
• mengatur kontrol yang sistematis kegiatan untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi
• dirancang dan dimaksudkan untuk berlaku untuk hampir semua produk atau layanan dibuat dengan proses setiap manapun di dunia.
ISO 9001 adalah salah satu dari standar dalam keluarga ISO 9000.
Sumber :
http://www.isoqar.com/iso9001/qualintro.htm
? Sintesa :
ISO 9001:2000 dapat diartikan sebagai suatu standar Internasional yang diakui untuk kualitas manajemen bisnis. Berisi mengenai persyaratan standar yang digunkan untuk mengakses kemampuan organisasi dalam memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang sesuai. Desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan.
Sumber :
http://www.deptan.go.id/bule tin/info mutu/des
? Definisi Kedua :
Pengertian Manajemen Mutu (Quality Management) menurut Miranda dan A.W. Tunggal (2003;157) adalah “keseluruhan metode untuk mengatur mutu dalam suatu organisasi meliputi produk, jasa, kinerja jasa dan sumber daya manusia.”menurut Miranda dan A.W. Tunggal (203;157) manajemen mutu menggabungkan trilogi mutu untuk menyukseskan semua program perbaikan yang meliputi perencanaan mutu, pengendalian mutu dan perbaikan mutu yang dilaksanakan melalui kerja tim.
Sumber :
http://dspace.widyatama.ac.id/bistream/handle/10364/593/bab2.pdf?sequen4
? Definisi Ketiga :
Manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. Dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis, seorang manager proyek harus memasukkan dan mengadakan pelatihan management kualitas. Hal-hal yang menyangkut kualitas yang di maksud di atas adalah :
• Produk / pelayanan / proses pelaksanaan.
• Proses management proyek itu sendiri.
Sumber :
http://huangcorp.wordpress.com/2008/04/29/manajemen-kualitas-quality-management/
? Sintesa :
Maka Manajemen Mutu didefinisikan sebagai keseluruhan aspek dari fungsi manajemen yang menetapkan, menjalankan dan mengendalikan kebijakan mutu suatu organisasi dalam menghasilkan mutu bukan hanya pada produk, tetapi juga meliputi jasa, kinerja jasa dan sumber daya manusia dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis. Manajemen mutu dikatakan sebagai penggabungan trilogi dalam program perbaikan yang meliputi perencanaan mutu, pengendalian mutu dan perbaikan mutu yang dilaksanakan melalui kerja tim (secara berkesinambungan).
II. SERVQUAL
? Definisi Pertama :
SERVQUAL adalah instrumen survei yang didasarkan pada penelitian yang luas dilakukan oleh Parasuraman, Ziethhaml dan Berry. Instrumen ini juga terbukti dan diakui secara luas. Instrumen dapat memungkinkan organisasi untuk: mengidentifikasi dan memahami di mana kesengajaan layanan ada di dalam layanan organisasi dan antara organisasi dan pelanggannya.
Sumber :
http://www.businessadvantageuk.biz/SERVQUAL.htm
? Definisi Kedua :
SERVQUAL adalah suatu kuesioner yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa. Cara ini mulai dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Zeithaml, Parasuraman & Berry, dan telah digunakan dalam mengukur berbagai kualitas jasa. Dengan kuesioner ini kita bisa mengetahui seberapa besar celah (gap) yang ada di antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap suatu perubahan jasa. Kuesioner SERVQUAL dapat diubah-ubah (disesuaikan) agar cocok dengan industri jasa yang berbeda-beda pula (misalnya bank, restoran, atau telekomunikasi).
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Servqual
? Definisi Ketiga :
Definisi umum tentang service quality atau yang seringkali disingkat SERVQUAL dinyatakan oleh Zeithaml (1990) yaitu “a customer’s judgment of the overall excellence or superiority of a service”. Dengan demikian service quality dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima/peroleh. Harapan para pelanggan pada dasarnya sama dengan layanan seperti apakah seharusnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Harapan para pelanggan ini didasarkan pada informasi dari mulut ke mulut, kebutuhan pribadi, pengalaman di masa lampau, dan komunikasi eksternal (iklan dan berbagai bentuk promosi perusahaan lainnya).
Sumber :
http://mujigunarto.wordpress.com/2009/01/02/pengertian-servqual-by-muji-gunarto/
? Sintesa :
Berdasarkan beberapa definisi di atas, servqual (service quality) adalah suatu instrumen/alat bersifat fleksibel sesuai dengan jenis industri tersebut yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa suatu perusahaan, mengidentifikasi serta memahami seberapa besar kesenjangan (gap) yang ada di antara persepsi pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap suatu perubahan jasa.
III. ISO 9001
? Definisi Pertama :
ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/ISO_9001
ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan.
Sumber :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/209/070/iso-international-organization-for.html
? Definisi Kedua :
ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan anda dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.
Sumber :
http://www.nqa.com/in/atozservices/article.asp?SECTION=274&ARTICLE=252
? Definisi Ketiga :
ISO 9001 is the internationally recognised standard for the quality management of businesses. It
• applies to the processes that create and control the products and services an organisation supplies
• prescribes systematic control of activities to ensure that the needs and expectations of customers are met
• is designed and intended to apply to virtually any product or service, made by any process anywhere in the world
ISO 9001 is one of the standards in the ISO 9000 family.
Translet :
ISO 9001 adalah standar Internasional yang diakui untuk kualitas manajemen bisnis. Ini
• berlaku untuk proses menciptakan dan mengendalikan produk dan jasa sebuah perlengkapan organisasi
• mengatur kontrol yang sistematis kegiatan untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi
• dirancang dan dimaksudkan untuk berlaku untuk hampir semua produk atau layanan dibuat dengan proses setiap manapun di dunia.
ISO 9001 adalah salah satu dari standar dalam keluarga ISO 9000.
Sumber :
http://www.isoqar.com/iso9001/qualintro.htm
? Sintesa :
ISO 9001:2000 dapat diartikan sebagai suatu standar Internasional yang diakui untuk kualitas manajemen bisnis. Berisi mengenai persyaratan standar yang digunkan untuk mengakses kemampuan organisasi dalam memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang sesuai. Desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan.
No comments:
Post a Comment