Nama : Dani Arsi Primatami
Nim : 224408051
MK : Manajemen Mutu
ISO (International Organization for Standardization) 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu. SMM ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menjamin bahwa suatu lembaga akan memberikan pelayanan jasa sesuai kinerja lembaga tersebut. http://bindiklat.depdiknas.go.id/index.php?catid=3:proung&id=15:iso&option=com_content&view=article
Apa dampak ISO 9001:2008 di sertifikasi?
Sertifikasi ISO 9001:2008 bukan merupakan "upgrade", dan organisasi yang disertifikasi dengan ISO 9001:2000 harus diberi status sama dengan mereka yang telah menerima sertifikat baru untuk ISO 9001:2008.
ISO dan International Accreditation Forum (IAF) telah menyetujui berikut "Implementasi Rencana" berkenaan dengan sertifikasi ISO 9001:2008 terakreditasi:
"Terakreditasi sertifikasi ISO 9001:2008 tidak akan diberikan sampai publikasi ISO 9001:2008 sebagai Standar Internasional.
Sertifikasi kesesuaian dengan ISO 9001:2008 dan / atau setara nasional hanya akan diterbitkan setelah publikasi resmi dari ISO 9001:2008 (yang harus dilakukan sebelum akhir tahun 2008) dan setelah pengawasan rutin atau audit sertifikasi ulang terhadap ISO 9001: 2008.
Validitas sertifikasi ISO 9001:2000
Satu tahun setelah publikasi ISO 9001:2008 semua sertifikasi terakreditasi yang diterbitkan (sertifikasi baru atau-ulang sertifikasi) harus menjadi ISO 9001:2008.
Dua puluh empat bulan setelah publikasi oleh ISO ISO 9001:2008, apapun yang ditempatkan sertifikasi ISO 9001:2000 tidak akan berlaku. "
Standar adalah spesifikasi yang dibuat dalam bahasa yang umum dan mengandung spesifikasi teknis atau criteria yang akurat serta dirancang untuk digunakan secara konsisten sebagai peraturan, sebagai acuan atai sebaga definisi http://cakrawijaya.blogspot.com/2009/06/standard.html
Apa praktisi manajemen mutu (konsultan, auditor, atau pelatih) perlu mengetahui mengenai standar?
Minimal, praktisi manajemen mutu harus membiasakan diri dengan persyaratan ISO 9001:2008, dan juga dengan isi dan filosofi dari ISO 9000:2005, ISO 9004 dan Manajemen Mutu Prinsip.
Praktisi yang sudah akrab dengan ISO 9001:2000 harus menjadi sadar akan klarifikasi diperkenalkan dalam ISO 9001:2008, dan implikasinya, sebelum melakukan audit dengan standar itu, atau memberikan pelatihan dan konsultasi.
Mereka harus memahami kegiatan klien mereka dan proses, sebelum memberikan interpretasi yang sesuai persyaratan standar, untuk menambah nilai pada operasi klien.
ISO / TC 176 telah mengembangkan standar ISO 10019 Panduan untuk pemilihan konsultan sistem manajemen mutu dan penggunaan jasa mereka, yang mungkin berguna untuk merujuk kepada untuk panduan lebih lanjut.
No comments:
Post a Comment