Sunday, March 20, 2011

TUGAS MANDIRI MANAJEMEN MUTU KHUSNUL KHOTIMAH SETIYANI (224408081) ZM LOG '08


KHUSNUL KHOTIMAH SETIYANI
(224408081)
ZM_LOG’ 08

Definisi Kepuasan Pelanggan
Ø Kepuasan konsumen sebagai evaluasi secara sadar atau penilaian kognitif menyangkut apakah kinerja produk relatif bagus atau jelek atau apakah produk bersangkutan cocok atau tidak cocok dengan tujuan/ pemakaiannya. Pengertian secara umum Kepuasan Konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya.
Sumber :

Ø Kepuasan konsumen atau pelanggan merupakan isu yang kritikal di semua industri jasa dan perdagangan, yang  penggunanya adalah sebagian dari usaha terpadu yang dapat memperbaiki kualitas produk, dan menghasilkan daya saing yang kompetitif, memicu pembelian awal, dan akhirnya dapat memberikan persepsi konsumen yang baik terhadap perusahaan . Teori Perilaku konsumen menunjukkan bahawa perilaku pembelian konsumen dan tingkat kepuasan adalah dipengaruhi oleh latar belakang konsumen, ciri-ciri dan stimulasi keluaran (Choi dan Chu 2000).
Sumber :

Ø The extend to which product' perceived performance matches a buyer'sexpectation. If the product performance fall short of expectation, the buyer is dissatisfied. If performance matches or exceed expectation ,the buyer is satisfied or delighted (Kotler, 1996, h.10)
Sumber :

SINTESIS
Menurut saya kepuasan pelanggan itu adalah hasil yang harus dicapai setiap perusahaan untuk membuktikan kualitas perusahaan tersebut dari konsumen maupun perusahaan lain, atau dapat disebutkan juga bahwa kepuasan pelanggan adalah hasil akhir dari segala aktifitas perusahaan.


Definisi Standar
Ø Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan, baik yang telah mengikuti standar internasional seperti ISO ataupun tidak.
Sumber :

Ø Standar menurut universal atau diterima secara luas adalah sesuatu yang telah disepakati, atau didirikan berarti menentukan apa sesuatu yang seharusnya dalam mencakup Konsep , norma , atau prinsip yang ditetapkan oleh perjanjian , otoritas , atau adat , dan digunakan secara umum sebagai contoh atau model untuk membandingkan atau mengukur dengan kualitas atau kinerja dari suatu praktek atau prosedur
Sumber :

Ø Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. Suatu standar dapat pula berupa suatu artefak atau perangkat formal lain yang digunakan untuk kalibrasi. Suatu standar primer biasanya berada dalam yurisdiksi suatu badan standardisasi nasional.
Sumber :

SINTESIS
Standar adalah suatu ketetapan yang telah di sepakati sebelumnya untuk memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada, baik persyartan yang tertulis, dokumen, atau yang lainnya, demi mencapai titik kualitas yang di tuju.

Definisi ISO 14001
Ø ISO 14001 adalah bagian dari keluarga 16 standar internasional ISO 14000 dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan (Federal Fasilitas Laporan Dewan 1999). Standar tersebut bukan merupakan sistem manajemen lingkungan seperti itu dan karenanya tidak menentukan syarat mutlak kinerja lingkungan (National Academy Press 1999), tetapi berfungsi selain sebagai kerangka kerja untuk membantu organisasi dalam mengembangkan sistem manajemen lingkungan mereka sendiri (RMIT University). ISO 14001 dapat diintegrasikan dengan fungsi manajemen lainnya dan membantu perusahaan dalam memenuhi tujuan lingkungan dan ekonomi.
Sumber: 

Ø ISO 14001:2004 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan untuk memungkinkan organisasi untuk mengembangkan dan melaksanakan kebijakan dan tujuan yang memperhatikan persyaratan hukum dan persyaratan lainnya yang diikuti organisasi, dan informasi tentang aspek lingkungan yang signifikan. Hal ini berlaku untuk aspek-aspek lingkungan yang diidentifikasi oleh organisasi sebagai aspek yang dapat mengontrol dan mereka yang dapat mempengaruhi.
Sumber :

Ø ISO 14001 adalah Sebuah standar internasional yang kinerja lingkungan sebuah perusahaan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan perusahaan.  ISO 14001 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen sehingga terdapat:
  • Menunjukkan lingkungan standar yang tinggi
  • Menunjukkan kepatuhan terhadap undang-undang
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan efisiensi
Sumber

SINTESIS
Menurut saya ISO 14001 adalah suatu standar internasioanal yang ditujukan untuk semua pelaku kegiatan usaha untuk selalu memperhatikan kondisi dan kelestarian lingkungan sekitarnya, demi kelangsungan hidup yang berkualitas alamnya dan demi mematuhi perundang-undangan yang berlaku.






No comments:

Post a Comment